Tipe Data Dasar (Primitif) Java

Java memiliki tipe data dasar. Tipe data dasar ini adalah tipe data yang palingumum digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Tipe data dasar disebut juga tipe data primitif, ada delapan tipe data dasar (primitif), yaitu:

  1. boolean nilai boolean (benar atau salah): true atau false
  2. char karakter unicode 16-bit
  3. byte integer komplemen-2 bertanda 8-bit
  4. short integer komplemen-2 bertanda 16-bit
  5. int integer komplemen-2 bertanda 32-bit
  6. long integer komplemen-2 bertanda 64-bit
  7. float bilangan pecahan 32-bit (IEEE 754-1985)
  8. double bilangan pecahan 64-bit (IEEE 754-1985)

 

Variabel yang memiliki tipe ini akan menyimpan nilai dari variabel tersebut. Berbeda dengan tipe data referensi yang akan menyimpan alamat memori dari variabel (tipe data referensi akan dijelaskan di artikel selanjutnya).

Bilangan bulat seperti 32, 9, 23 adalah tipe int, jika diikuti dengan L atau l maka tipe datanya akan menjadi long. Nilai pecahan (mengambang) seperti 2,174 adalah tipe double, jika diikuti F atau f pada nilainya maka akan bertipe float.

Contoh deklarasi tipe data ini beserta inisialisasinya adalah sebagai berikut:

Kita dapat melakukan deklarasi dan inisialisasi multi variabel dengan tipe data yang sama dalam satu statement seperti pada baris 2, 6, dan 9 pada contoh di atas. Pada contoh di atas, variabel verbose, debug, i, dan j masih belum diinisialisasi. Variabel yang dideklarasikan secara lokal di dalam blok kode harus diinisialisasi dulu sebelum varibel tersebut digunakan.

Jika variabel tipe dasar adalah variabel atribut / instans suatu kelas, java akan memberi nilai default walaupun tidak diinisialisasi. Semua nilai numerik akan diberi nilai ‘0’ dan boolean diberi nilai default false dan char akan memiliki nilai null.

Comments:0

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *