Cara Install Laravel 5.4 dengan XAMPP

Instalasi laravel 5.4 kali ini dilakukan pada sistem operasi windows (v 10). Langkah-langkah instal dilakukan dengan proses seperti berikut.

Instal XAMPP

XAMPP di sini berfungsi sebagai penyedia apache server dan database mysql. Silakan download di apachefriends.org. Ketika artikel ini ditulis XAMPP versi 5.6.31 yang merupakan versi paling rendah sudah memenuhi syarat minimum PHP >= 5.6.4 yang diberikan laravel 5.4.

Lakukan instalasi seperti aplikasi biasa.

Instal Composer

Laravel menggunakan composer untuk mengelola dependensi dan yang lain. Jadi composer harus kamu instal dulu. Silakan download composer di getcomposer.org. Pilih installer windows, download dan jalankan Composer-Setup.exe. Composer versi terakhir akan di-instal di komputer kamu. PATH environment variabel juga akan diatur oleh composer sehingga kita bisa mengeksekusi perintah composer di cmd.

Instal laravel

Nah untuk instal laravel sangat mudah, kalau saya sering pakai perintah “Composer Create-Project”. Caranya pertama kamu masuk di cmd windows. Arahkan posisi direktori kamu di folder htdocs dari xampp kamu. Kalau sebelumnya kamu menginstal XAMPP di C:, maka posisi folder htdocs adalah “C:\xampp\htdocs”.

Setelah posisi folder cmd kamu ada di “C:\xampp\htdocs”, maka eksekusi perintah

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel nama_aplikasi_kamu

kalau kamu mau buat sistem informasi pegawai maka perintah di atas menjadi

composer create-project --prefer-dist laravel/laravel simpeg

pastikan kamu memiliki koneksi internet pada saat mengeksekusi perintah ini! Laravel akan membutuhkan waktu untuk didownload dan diinstal pada komputer kamu, jadi tunggu prosesnya.

Konfigurasi virtual host XAMPP

Lakukan konfigurasi virtual host dengan mengedit file di “C:\xampp\apache\conf\extra\httpd-vhosts.conf” (asumsi XAMPP diinstal di C:). Tambahkan pengaturan konfigurasi berikut di akhir file.

Konfigurasi host Windows

Buka file hosts yang terdapat pada C:\Windows\System32\drivers\etc, dengan menggunakan notepad atau notepad++ (atau file editor lain) dan pastikan notepad dibuka dengan level akses administrator. Tambahkan baris berikut di akhir baris file.

127.0.0.1           simpeg.dev

Setelah melakukan langkah-langkah di atas maka kamu sekarang bisa mengakses aplikasi laravel kamu di simpeg.dev dengan browser andalan kamu.

Kalau ada langkah yang kurang jelas silakan tinggalkan pertanyaan di kolom komentar. Happy Coding!

Comments:1

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *